Review Pembersih Udara Panasonic Nanoe X F-PXU70A, Solusi Tepat Untuk Kesehatan Paru-paru

Pandemi virus corona mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan beberapa kebiasaan baru. Alat pendukung kesehatan adalah alat penting yang dapat Anda gunakan di rumah. Panasonic berusaha memberikan solusi untuk masalah ini dengan meluncurkan pembersih udara nanoe X, yang diklaim dapat mengurangi penyebaran virus Covid 19.

BukaReview menguji salah satu produk unggulannya, pembersih udara nanoe X F-PXU70A. Saat ini, harga dari air purifier Panasonic ini adalah 8 juta rupiah.

Apa pengalaman kami dengan produk ini untuk meningkatkan kesehatan di rumah? Ulasan pembersih udara Panasonic Nanoe X F-PXU70A.

Sorotan pembersih udara Panasonic nanoe X F-PXU70A

1. Nanoex

Fitur terbesar dari pembersih udara Panasonic adalah Nanoe X. Apa itu Nanoe X? nano X terdiri dari molekul air dan molekul radikal hidroksil.

Teknologi Nanoe X dapat melepaskan 4,8 triliun ion radikal OH per detik, yang dapat bertahan lama di udara, mencegah pertumbuhan virus corona SARS-2.

Teknologi besutan Panasonic ini diklaim mampu mengurangi virus corona SARS-2 hingga 99,99%. Sebuah studi oleh perusahaan Prancis Texel juga mendukung klaim Panasonic.

Teknik ini juga berguna untuk membunuh bakteri dan jamur, menghilangkan bau tak sedap, serta melembapkan kulit dan rambut.

Di ruangan ber-AC, teknologi NanoX menempel pada lemak dan membentuk lapisan pada kulit, mencegah kulit menjadi kering dan kusam. Multifungsi bukan?

Baca Juga: Review Panasonic F-GPT01A: Pembersih Udara Ringkas

2. Filter HEPA dan filter penghilang bau badan

Pembersih udara Panasonic dilengkapi dengan dua filter: filter HEPA dan filter penghilang bau. Keduanya berbeda dalam kemampuannya untuk menjebak partikel di udara dan menyediakan udara bersih sebagai produk akhir.

Filter HEPA dikatakan mampu menyaring hingga 99,97% partikel sekecil 0,3 mikron. Dengan fitur ini, filter ini dapat memblokir alergen, virus, dan bakteri.

Di sisi lain, filter penghilang bau dikatakan mampu menghilangkan bau tidak sedap seperti asap rokok dan masakan.

Kombinasi ini menciptakan udara bersih bebas dari alergen, virus dan bakteri, serta dapat menyaring udara hingga ukuran 2,5 mikrometer.

Bagi yang belum tahu, PM 2.5 adalah singkatan dari fine particulate matter. Dengan kata lain, polutan udara berbahaya pada konsentrasi tinggi di udara.

Angka 2,5 berukuran kurang dari 2,5 mikron. Misalnya, diameter rata-rata sehelai rambut manusia adalah 50 mikron.

Menurut National Library of Medicine, paparan PM 2.5 yang berkepanjangan dapat meningkatkan keparahan penyakit pada orang dengan COVID-19. Pembersih udara ini juga memiliki tingkat CADR yang tinggi, yang mengurangi risiko kanker. Filter HEPA milik Panasonic juga memenuhi standar medis seperti MERV-19 atau H-13.

Ulasan kinerja pembersih udara Panasonic nanoe X F-PXU70A

Pertama-tama, saya ingin jujur ​​kepada Anda bahwa meninjau produk ini merupakan tantangan tersendiri. Tidak seperti perangkat elektronik lain dengan parameter yang jelas, Anda perlu mengukur udara tak terlihat dengan pembersih udara ini.

Jadi, selain indra Anda, Anda harus mencoba mengandalkan sepenuhnya kemampuan penginderaan perangkat ini.

Tapi jangan khawatir. Masih ada kunci parameter eksternal yang dapat dipantau. Teruslah membaca untuk ulasan kami tentang salah satu pembersih udara terbaik di pasaran.

•proses

Kami menguji pembersih ini di ruangan seluas 40 meter persegi. Panasonic mengklaim di situsnya bahwa perangkat tersebut dapat memberikan performa optimal di lahan seluas 52 meter persegi. Lihat spesifikasi lengkapnya di sini.

Kesan pertama yang saya dapatkan saat menggunakan perangkat ini adalah kepraktisannya. Ada tiga tombol perintah utama di bagian atas dan panel LCD di bagian depan yang menampilkan beberapa indikator.

Panel belakang memiliki filter untuk memudahkan membuka casing. Ada dua filter pada panel: filter penghilang bau dan filter HEPA.

Jika filter kotor, filter dapat dibersihkan dengan mudah karena pemasangannya sangat sederhana. Fleksibilitas yang diberikan oleh Panasonic membuatnya sangat mudah untuk menggunakan perangkat dengan suku cadang yang tidak biasa.

Ini adalah perangkat yang dirancang untuk diletakkan di lantai sehingga siapa pun dapat dengan mudah mengaksesnya, dan tombol kunci anak juga diharapkan dapat digunakan tanpa pandang bulu. Fungsi ini dapat diaktifkan/dinonaktifkan dengan menekan tombol daya selama 3 detik.

Panel LCD depan menampilkan beberapa indikator seperti ukuran kipas, kualitas udara dan sensor pendeteksi polutan dalam jumlah besar dan grafik yang jelas. Sederhana dan bertujuan.

Baca Juga: Review Panasonic F-GPT01A: Pembersih Udara Ringkas

sensor kontaminasi

Kondisi pengujian: ruang tamu rumah 40m2, buka tutup pintu dan jendela utama, gas buang, gas masak.

Seperti disebutkan sebelumnya, Panasonic telah memasang layar LCD sederhana dengan lampu sensor polutan di bagian depan pembersih udara F-PXU70A.

Ada tiga warna lampu indikator polutan yang berubah secara otomatis tergantung pada kondisi udara sekitar: biru, ungu dan merah. Biru adalah kualitas udara bersih, ungu adalah udara sedikit kotor, dan merah adalah kualitas udara minimal.

Menggunakan BukaReview, performa air purifier ini sangat impresif. Sebagai contoh, kami menempatkan unit ini di ruang tamu dekat dengan jalan raya perumahan.

Ketika saya atau tetangga sekitar 5m dari rumah saya memanaskan mobil, lampu langsung berubah menjadi ungu. Pembersih udara ini mendeteksi bau khas gas buang yang dapat langsung Anda cium dalam hitungan detik. Itu sangat responsif bahkan sebelum saya sempat mencium bau asap knalpot.

Tak hanya itu, lampu langsung menyala saat kondisi jalan berdebu akibat terpaan angin. Seperti halnya perangkat yang mewaspadai bahaya asap rokok, begitu pula keberadaan asap rokok di ruang tamu. Air purifier ini akan langsung berubah warna menjadi merah menandakan kualitas udara paling rendah.

Itu tergantung pada bau dan tingkat kontaminan, tetapi menurut pengalaman saya, pembersih udara ini dapat ‘melakukan tugasnya’ dari ungu menjadi biru rata-rata hingga 30 menit, rata-rata.

Pembersih udara ini sensitif tidak hanya terhadap kondisi udara buruk yang disebabkan oleh polutan, tetapi juga terhadap bau makanan yang sangat mengganggu, seperti saat menggoreng ikan atau menikmati nasi padang. Warna indikator akan segera berubah. Semua bau diperlakukan sama dengan pembersih udara ini, tetapi tidak semuanya berbahaya.

Alasan saya sering menggunakan mode senyap adalah karena saya ingin meningkatkan deteksi. Jadi saya hanya mengandalkan kecerdasan alat ini.

Namun, jika indikator menunjukkan angka merah, kipas tidak bekerja sekeras mode kecepatan tinggi seperti saat menyetel kipas secara manual. Saya tidak tahu apakah perangkat ini secara aktif menggunakan fitur Nano-X daripada kipas.

Kemampuan sensor kecepatan tinggi dari Panasonic ini sangat terpuji. Tanpa disadari, saya merasa lebih terlindungi dari polutan berbahaya di rumah saya. Jadi rasanya seperti penjaga keamanan yang berdedikasi melindungi udara di sekitar saya.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga TV Panasonic GX800 4K Bisa Bikin Bioskop Rumah Anda

tingkat kebisingan

Kondisi pengujian: Ruang tamu rumah 40 m2, sunyi, tidak ada suara eksternal selain listrik statis, dini hari, menggunakan aplikasi Android Sound Meter

Untuk mesin sebesar ini, perhatian utama yang mungkin muncul di benak pengguna adalah kebisingan.

Sebagai cara sederhana untuk mengukur tingkat kebisingan, saya mencoba menggunakan pembersih udara Panasonic F-PXU70A. Saya menggunakan aplikasi pengukur suara yang menggunakan mikrofon ponsel sebagai input. 90 desibel adalah suara paling keras yang bisa ditangani telinga manusia.

Memang akurasinya tidak setinggi sound meter profesional, tapi setidaknya cara ini bisa memberikan gambaran tentang suara yang dihasilkan oleh alat pembersih udara ini.

Saya menempatkan telepon yang berfungsi sebagai mikrofon sekitar 15cm dari pembersih udara ini.

Anda dapat memilih dari 3 level volume panci. Kami menguji setiap level ini, termasuk mode otomatis. Kemudian bandingkan dengan keheningan rumah kita di pagi hari, tanpa suara dari luar yang dapat mengganggu penilaian kita. Inilah hasilnya:

Secara umum, kinerja penjernih udara Panasonic F-PXU70A sangat senyap, terutama dalam mode otomatis. Kebisingan hanya cukup mengganggu ketika volume kipas berada pada level tertinggi. Namun, saya rasa ini bukan masalah mengingat Anda jarang membutuhkan volume sebesar itu kecuali jika kualitas udara di dalam ruangan sangat buruk.

Jadi terlepas dari ruang tamu Anda, pembersih udara ini sangat cocok untuk dipasang di kamar tidur Anda karena suaranya tenang dan tidak mengganggu. Selain tidur malam yang nyenyak dan udara segar, kombinasi apa yang paling nyaman?

kesimpulan

Secara umum, hasil pengujian BukaReview menunjukkan bahwa Panasonic memiliki performa yang handal sebagai alat penunjang kesehatan keluarga. Di era pandemi seperti ini, bukan tidak beralasan jika menggunakan air purifier ini sebagai investasi cerdas untuk melindungi kesehatan keluarga Anda.

Selain itu, meskipun merupakan perangkat pintar yang dapat dipasang dan dilupakan dalam penggunaan praktis, ia memiliki efek riak yang hebat. Jadi, apakah Anda ingin membeli pembersih udara Panasonic Nanoe X F-PXU70A setelah membaca ulasannya? Temukan item di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.