IOS 16 Bisa Menjadi Cara Apple Mengejar Android

Apakah Anda menginginkan ponsel yang terlihat seperti Anda dapat mengubahnya sesuka hati? Pilih Android. Jika ada yang bertanya, mungkin ini jawaban penulis dimana Android atau iPhone lebih bagus. Setidaknya sampai satu atau dua tahun yang lalu.

Dalam beberapa rilis iOS terakhir, Apple tampaknya ingin mengejar Android dalam hal kustomisasi tampilan. Misalnya, di iOS 14, Apple akhirnya mengizinkan pengguna untuk menyembunyikan ikon aplikasi di perpustakaan aplikasi mereka.

Kemudian di iOS 14, layar beranda sedikit berantakan karena pengguna juga dapat melihat widget aplikasi di layar beranda. Bukan hanya ikon untuk aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.

Kedua fitur ini sudah ada di Android sejak lama dan mungkin menjadi alasan mengapa banyak pengguna ponsel memilih Android sebagai ponsel utama mereka. Sekarang di iOS 16, Apple telah menambahkan fitur kustomisasi lain untuk mengubah tampilan layar kunci.

Sebelumnya, tampilan lock screen iOS sangat sederhana. Hanya informasi waktu dan tanggal yang ditampilkan di bagian atas, notifikasi baru di tengah, dan hanya notifikasi lama yang ditampilkan di bagian bawah. Ya, ada juga shortcut kamera dan senter di pojok kiri dan kanan bawah.

Saat menggunakan iOS 16, pengguna dapat menggunakan wallpaper hidup baru di layar kunci mereka. Tidak hanya itu, pengguna dapat mengubah warna dan bentuk jam tangan di layar kunci. Namun yang paling menarik, setidaknya untuk pengguna iOS, pengguna bisa melihat widget bahkan di lock screen.

Sampai saat ini, ada banyak aplikasi yang mendukung widget di layar kunci iOS, seperti cuaca, kalender, notifikasi, cincin aktivitas (di Apple Watch), dll.

Nah, di bagian widget layar kunci ini Android tidak menjadikannya sebagai fitur bawaan. Dulu, fitur ini hadir di beberapa versi Android lawas. Fitur ini juga hadir di Samsung One UI.

Namun, kami harus mengakui bahwa Google masih bagus dalam kustomisasi layar beranda. Misalnya, pengguna memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengatur ukuran widget. Di iOS, opsinya sangat terbatas. Namun untuk fungsi lock screen, sepertinya Android harus mengenali kelebihan iOS 16.

Ini terintegrasi dengan fitur fokus, memungkinkan pengguna untuk mengatur layar kunci tertentu berdasarkan aktivitas mereka. Jadi, widget yang ditampilkan akan tergantung pada kebutuhan pengguna.

Perlu diingat bahwa ini adalah perbandingan antarmuka antara Android dan iOS. Ini bukan perbandingan kinerja atau pengalaman pengguna antara dua sistem operasi seluler dengan sebagian besar pengguna di seluruh dunia.

Layar mana yang Anda inginkan, Android atau iOS?

Leave a Reply

Your email address will not be published.